background

Berkreasi dengan partisi

Dengan kebutuhan akan lahan dan rumah meningkat setiap tahunnya, para pemilik rumah harus berusaha ekstra untuk menciptakan ruang yang cukup dengan luas lahan dan rumah yang terbatas. Salah satu cara untuk menyiasati rumah yang berdiri di lahan yang sempit adalah berkreasi dengan partisi. Berikut beberapa contoh berkreasi dengan partisi yang kami rangkum :

 

1. Partisi untuk gudang berfungsi sebagai sofa

Pada gambar diatas, partisi yang terbuat dari kayu oak, menghubungkan struktur tangga dengan ruang penyimpanan/gudang yang ada dibawahnya. Tidak hanya itu, bordes tangga juga difungsikan sebagai split level dan juga berfungsi sebagai sofa pada saat bersamaan.

2. Partisi Kaca dan Partisi Rak Gantung

Partisi kaca glasur seperti pada gambar diatas, menciptakan ruang yang tertutup namun tetap visible, sehingga terkesan ruangan tetap terlihat luas. Tidak hanya itu, ornamen rak gantung yang juga berfungsi untuk "partisi" imajiner yang seolah memisahkan dengan ruang yang ada disebelahnya.

3. Penentuan dekorasi keramik lantai

Tidak hanya penggunaan partisi, penentuan dekorasi keramik lantai juga bisa membuat penggunaan dinding tetap minimal. Seperti pada gambar diatas, dimana dekorasi lantai membuat ruang satu dan lainnya seolah terpisah.

4. Partisi kabinet

Tidak hanya partisi, aspek interior seperti lemari kabinet juga bisa menjadi pembagi ruangan. Seperti pada gambar dibawah, satu set kabinet menjadi satu-satunya partisi di dalam apartemen yang hanya memiliki luas 33 m2, sehingga ruangan bisa tetap luas dan tetap terang.

5. Partisi Rak

Elemen interior lainnya juga bisa difungsikan menjadi partisi, seperti rak pada gambar dibawah.

6. Partisi Imajiner

Salah satu trend pada masa kini adalah partisi imajiner. Partisi imajiner pada umumnya bisa dibuat dari material kayu layaknya unsur interior seperti rak dll. Atau bisa juga dibuat dari unsur struktural seperti tiang beton, yang dilapisi bahan hpl sehingga terlihat lebih indah dan mirip seperti kayu seperti pada gambar diatas.

7. Partisi Kaca & sliding

Salah satu kelebihan dari partisi kaca ini adalah sirkulasi cahaya, sehingga bisa memaksimalkan pencahayaan alami dari luar. Selain itu, kesan luas bisa nampak dari partisi visible ini. Seperti pada contoh gambar dibawah.