background

CERMAT MEMILIH RANGKA ATAP

Rangka atap terdiri dari 4 macam :

1. rangka atap kayu,

2. rangka atap baja ringan,

3. rangka atap baja &

4. atap beton.

Namun yang lazim digunakan dalam membangun sebuah rumah biasanya adalah rangka atap kayu dan  rangka atap baja ringan. Berikut kami uraikan kedua rangka atap tersebut, lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya.

 

1. Rangka Atap Kayu

Rangka atap kayu adalah yang paling umum dijumpai, khususnya pada type rumah zaman dulu. Umumnya Balok kayu yang banyak dipakai adalah balok ukuran 8/12 cm atau 8/15. Tetapi karena balok ukuran besar harganya mahal, terkadang mereka menggunakan balok ukuran 6/12 atau 6/15 cm.

sumber gambar : kibagus-homedesign.blogspot.com

Dari segi kekuatan, balok ukuran 8/12 dan 8/15 lebih kuat dan dapat membentang lebih panjang dari balok 6/12 atau 6/15. Baut yang dipakai dalam menyambung rangka atap kayu adalah baut ukuran M10 dan M12. Berikut dapat dilihat salah satu bentuk rangka atap kayu type howe.


Rangka atap kayu memiliki jarak antara kuda-kuda lebih lebar. Sekitar 2-4 m tergantung ukuran balok kayu yang dipakai dan model atap.

Dilihat dari segi biaya, umumnya rangka atap kayu lebih murah dibanding rangka baja ringan, selain itu pemasangan relatif lebih banyak tukang yang bisa memasangnya. Karena kuantitas yang dipakai lebih sedikit dan jarak antar rangka yang jauh.

 

2. Rangka Atap Baja Ringan

Rangka atap baja ringan terkenal dengan keunggulannya yang anti rayap. Sehingga secara perawatan lebih mudah dibanding rangka atap kayu.

Namun dari segi biaya, baja ringan lebih mahal dari rangka atap kayu. Profil baja ringan yang biasa digunakan adalah Profil dengan ketebalan 0,3 - 0,7 mm.

Profil yang digunakan adalah profil C dan reng dengan tebal =0,45. Skrup yang digunakan untuk baja ringan ada 2, yaitu skrup reng dan skrup khusus profil baja ringan.


 Harga Pemasangan baja ringan bervariasi, mulai dari harga Rp. 100.000/m2 - Rp. 130.000/m2. Tergantung mutu bahan yang digunakan dan pengalaman dan sertifikasi aplikator yang memasang rangka baja ringan tersebut.