background

desain rumah mediterania

Desain Mediterania sebenarnya pengembangan dari Arsitektur Vernakular yang berkembang di daerah pesisir laut Mediterania, Konsep desain ini dikembangkan karena kebutuhan akan desain bangunan/rumah yang bisa disesuaikan dengan alam sekitar, oleh karena itu, warna pada desain mediterania didominasi oleh warna Terakota/warna tanah ataupun tambahan ornamen dari batu alam.

Karena pada awalnya, konsep desain mediterania adalah mengoptimalkan hasil/bahan dari alam untuk digunakan sebagai bahan material untuk rumah seperti tanah liat, batu alam dsb.

Klo singkatnya sih, mirip sama rumah-rumah yang ada di film telenovela kaya MARIMAR, MARIA MARCEDES, SOLEDAD dan CARITA DE ANGEL (lha, kok jadi ke judul-judul telenovela?).

Kita akan bahas desain mediterania ini jadi beberapa segi, diantaranya :

Facade / Tampak Depan

Pada Facade / Tampak depan rumah-rumah yang memiliki desain mediterania, kita akan melihat warna tembok yang didominasi oleh warna terakota/warna tanah dan juga dinding yang terbuat dari batu alam. Selain itu, pada desain mediterania kita akan melihat banyak profilan dan lengkungan, sebagai bentuk percampuran budaya Eropa & Timur Tengah. Adapun ciri khas facade dari desain mediterania ini adalah : Bentuk Atap pelana, Dinding rumah didominasi warna terakota/warna tanah dan Batu Alam, bentuk jendela dan pintu tidak geometris dan memiliki lengkungan, dan yang terakhir adalah kecenderungan memiliki balkon.


Untuk desain taman, cenderung gersang, dan didominasi oleh tanaman daerah beriklim panas tropis. Taman model mediterania juga termasuk taman jenis Low Maintenance, karena jenis tanaman yang tidak memerlukan banyak perawatan. Contoh taman model mediterania dapat anda lihat pada gambar diatas.

Interior

Untuk desain interior, pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan desain facade/exterior. Ciri khasnya antara lain : warna dinding didominasi oleh warna terakota/ warna tanah, terdapat banyak profilan, bentuk jendela dan dinding tidak geometris dan memiliki lengkungan, banyak terdapat ornamen tambahan untuk menegaskan gaya mediterania.