background

Biaya dak beton & jenisnya

Penasaran berapa kira-kira biaya buat dak beton?. Mau Tau Aja, Atau mau tau Bingitz?...ihh, kepo ya.... Yang tertarik silahkan inbox/wa/japri... Becanda denks, silahkan baca pemaparan dibawah. Perkiraan biaya yang akan saya (supaya terlihat keren, jadi pake bahasa formal) uraikan hanya biaya untuk PEKERJAAN DAK BETON saja, belum termasuk Biaya pekerjaan Pondasi, Tiang, dan Balok beton. Penjelasan berikut hanya berdasarkan asumsi saya semata yang orang awam, bukan berdasarkan survey atau data ilmiah, jadi bila ada yang kurang dan salah dari penjelasan diatas. YA MAKLUMLAH, namanya juga manusia.... Berikut beberapa jenis dak lantai dan perkiraan biayanya, penjelasan dapat dilihat pada masing-masing gambar.

1. Dak keraton/Ceiling Brick


Biaya terpasang sekitar Rp. 350 rb - 450 rb / m2 luas dak, untuk pembahasan secara teknis tentang apa itu dak keraton, cara pemasangan dll bisa lihat postingan sebelumnya di page ini tentang dak keraton.
Biasanya, dalam 1 m2 lantai dak, membutuhkan sekitar 17-20 pcs ceiling brick.

Kelemahan dak keraton :
a). Setara beton K-225 (K225 adalah kekuatan beton, untuk lebih lengkap, silahkan cari di internet tentang kekuatan beton), sehingga tidak disarankan untuk tempat komersil seperti Mal, Ruko dll karena kekuatannya hanya setara K-225. Namun, dak ini cocok untuk dak lantai RUMAH / TEMPAT TINGGAL.
b). Belum umum digunakan, sehingga belum banyak suplier/toko bangunan yang menjual bahan ini, juga belum banyak aplikator/tukang yang pernah memasang dak keraton.

Kelebihan Dak Keraton :
a). Efektif dan Efisien, tidak banyak material yang terbuang, terutama kayu dan bambu yang biasa dipakai sebagai cetakan beton dan penyangga lantai beton ketika hendak dicor, pengerjaan juga relatif efektif, tidak banyak waktu yang dibutuhkan untuk membangun dak keraton
b). Harga relatif murah dibanding jenis dak lantai lainnya.

 

2. Dak Cor Spandek+Ready Mix

Apa sih Bondek?. Bondek adalah obat sakit kepala,,,eh maksudnya adalah atap jenis zincalume yang biasa dipakai sebagai pengganti triplek+kaso sebagai cetakan beton. biaya terpasang sekitar Rp. 1.115.000 / m2 luas dak.

Kelemahan :
a). Mahal tahap tinggi
b). Luas jalan depan rumah harus lebar, buat concrete pump + truk ready mix soalnya.

Kelebihan :
a). Mutu lebih terjaga.
b). Pengerjaan relatif cepat.

Satu lagi, sering ada yang nanya berapa lapis wiremesh yang dipake buat dak bondek?. Tergantung hitungan dari konsultan / ahli bangunan, wiremesh ukuran berapa & berapa lapis yang dipakai.

 

3. Dak Cor Manual

Dak manual disini berarti cor menggunakan tenaga manual (ngaduk sama tukang), perkiraan biaya Rp. 800 rb -900 rb / m2 luas lantai dak beton. kekuatan setara dengan beton K-175 - K-200 (Klo dilakukan dengan benar).

Kelemahan dak cor manual :
a). Banyak tenaga yang dibutuhkan, banyak extra joss yang hrs distock untuk Bapak2 tukangnya.
b). Kualitas & mutu kurang terjaga, karena tidak ada yang bisa menjamin kalo beton yang dicor sesuai dengan standar. Banyak faktor yang menentukan apakah deviasi/penyimpangannya jauh atau tidak.

Kelebihan dak cor manual:
a). Umum digunakan, sehingga banyak orang yang menggunakan metoda ini.
b). Efektif digunakan pada pengecoran skala kecil, karena kebayang kalo ngaduk buat lantai seluas 100 m2, berapa banyak tukangnya?.

 

4. Dak Cor Ready Mix

sekitar Rp. 1 jt / m2 luas dak lantai beton. Harga ini belum termasuk sewa concrete pump sekitar Rp. 2 jt/hari.

Kelemahan cor ready mix :
a). Mahal tahap medium
b). Banyak material kayu & triplek terbuang.

Kelebihan cor ready mix
a). Kecepatan pengerjaan relatif cepat.
b). kekuatan betonnya bisa dicostum sesuai request, mau K-200, K-225 dst.

 

5. Dak Panel Beton Lantai.

Sekitar Rp. 2. jt-an per m2.

Kelemahan Dak Panel Beton Lantai :
1. Mahal
2. Pemasangan minimal harus pakai alat tentakel untuk menaikkan.

Kelebihan :
1. Waktu pemasangan cepat sekali, kalo kata mario teguh, SUPERB.
2. Ukuran lebih presisi dan kekuatan betonnya juga bisa dicostum sesuai request.